Selasa, 05 Juni 2012

ANALISIS FREE SPAN UNTUK PIPELINE DI BAWAH LAUT

Free Span for Subsea Pipeline
Subsea Pipeline merupakan alat transportasi yang biasa digunakan untuk menyalurkan fluida dari suatu anjungan tengah laut ke darat atau ke anjungan lain. Salah satu aspek penting dalam perancangan offshore pipeline adalah analisis span. Span adalah bagian pipa yang tidak tertumpu. Freespan yang terjadi pada offshore pipeline harus dijaga dalam batas yang diijinkan agar pipeline tidak mengalami kegagalan seperti retak, patah, dan bocor.

Senin, 04 Juni 2012

PENERAPAN METODE MEMBACA PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEARSE, PRACTICE, EVALUATE) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BUKU

Metode Membaca PORPE
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMA Laboratorium Percontohan UPI dalam membaca teks buku sebelum dan setelah menggunakan metode PORPE serta untuk mengetahui keefektifan metode PORPE dalam pembelajaran membaca teks buku. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa yang salah satu penyebabnya adalah penggunaan metode yang kurang efektif. 
Penelitian ini dilakukan di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung dengan mengambil sampel kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XD sebagai kelas eksperimen dari populasi seluruh siswa SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung. 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen kuasi, yaitu metode penelitian yang sistematis dan logis untuk menjawab pertanyaan “Jika sesuatu dilakukan pada kondisi-kondisi yang dikontrol dengan teliti, apakah yang akan terjadi?” Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen perlakuan berupa RPP dan instrumen tes berupa soal merangkum seluruh isi informasi teks buku. 

PENGGUNAAN TEKNIK YOYO DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN

Teknik Yoyo Membaca Pemahaman
Permasalahan  yang dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana profil siswa dalam membaca pemahaman? 2) Bagaimana rancangan pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik Yoyo? 3) Bagaimana proses pembelajaran membaca pemahaman dengan teknik Yoyo? 4) Adakah perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan teknik Yoyo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (Quasi Eksperiment resarch) dengan melalui prates-pascates pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (pretes-posttes control group design).
Teknik penelitian meliputi teknik pengumpulan data yaitu tes dan observasi, serta teknik pengolahan data yang meliputi pengolahan data kuantitatif yang meliputi uji normalitas data, uji homogenitas data, dan pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t.


PENGGUNAAN STRATEGI QUANTUM THINKING DALAM UPAYA KEMAMPUAN MENANGGAPI INFORMASI

Quantum Thinking
Skripsi ini berjudul “Penggunaan Strategi Quantum Thinking dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menanggapi Informasi (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas X-7 SMA Negeri 6 Kota Bandung Tahun Ajaran 2010/2011). Penulis memilih judul ini berdasarkan penggunaan strategi yang digunakan dalam memperbaiki nilai siswa kelas X-7 SMA Negeri 6 Kota Bandung pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Strategi yang digunakan adalah quantum thinking atau berpikir kuantum yaitu sebuah analogi  konsep yang diadaptasi dari prinsip relativitas Eisntein. Jadi, pembelajaran kuantum bukan fisika kuantum. Pembelajaran kuantum sesungguhnya merupakan ramuan atau rakitan dari berbagai teori atau pandangan psikologi kognitif dan pemrograman neurologi yang jauh sebelumnya sudah ada.    

USING BILINGUAL DICTIONARIES IN READING CLASS

Bilingual Dictionaries
This research entitled “Using Bilingual Dictionaries in Reading Class” was aimed to investigate how an English teacher made lesson plans for reading class, the implementation of using bilingual dictionaries in the reading class, and the evaluation used by the teacher in the reading class. This research used case study design. The subjects were eight graders of SMPN 2 Cibadak Sukabumi. The data was collected using document, observation and interview.
The result described some facts that the teacher created the lesson plans for reading class by including using bilingual dictionaries’ phase. Bilingual dictionaries use was implemented in whilst-reading activity which consisted of understanding alphabetical sign; locating the difficult or unknown words or phrase; contextual guessing; choosing the right meaning for context; teaching synonym and antonym of words; pronouncing the words; discussing the text; and inferring words’ meaning by sense. For evaluating the learning process, the teacher used daily test evaluation in the end of post-reading activity and provided the students with questions about the reading material. From all the tests, 73,65% of the students could pass the test.

WHAT IT MEANS TO BE A MAN: RETHINKING MASCULINITY IN POPULAR CHICK LIT THE BOY NEXT DOOR BY MEGGIN CABOT

WHAT IT MEANS TO BE A MAN
The study is entitled What It Means To Be A Man: Rethinking Masculinity In Popular Chick Lit “The Boy Next Door” by Meggin Cabot. It is aimed at investigating the construction of male characters in the novel and the ways it is viewed through the perspectives of masculinity. The data are collected from the novel of The Boy Next Door in a form of textual evidence that related to the characterizations of the male characters. The study employs descriptive qualitative approach and textual analysis method to make a systematic description of the collected data. 
To analyze the data, theory related to masculinity by Beynon (2007), Connell (2003) and Cohen and Wilber (2009) are employed. The findings show that male characters are constructed through four categories i.e. looks, popularity, masculinity and romantic tendency. Ii is also found that the masculinity of the male characters is divided into two types, the hegemonic masculinity and feminized masculinity. Therefore, it is concluded that the two concepts of masculinity are influenced by cultural factors.

Kombinasi Pemberian Kascing Dan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.)

Pemberian Kascing dan Pupuk Organik pada Bawang Merah
Pengaruh kombinasi kascing dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah belum banyak diteliti di daerah ini. Untuk itu sebuah penelitian telah dilakukan di desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Februari sampai April 2011, menggunakan rancangan acak kelompok faktorial 2 faktor yaitu kascing (30 gr/tanaman, 60 gr/tanaman, 90 gr/tanaman) dan pupuk organik cair (0 ml/l air, 3 ml/l air, 6 ml/l air, 9 ml/l air).