Teknik Yoyo Membaca Pemahaman |
Teknik penelitian meliputi teknik
pengumpulan data yaitu tes dan observasi, serta teknik pengolahan data
yang meliputi pengolahan data kuantitatif yang meliputi uji normalitas
data, uji homogenitas data, dan pengujian hipotesis menggunakan rumus
uji t.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Sumber data berasal dari hasil kemampuan membaca pemahaman siswa. Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, rumus varian untuk menguji homogenitas data, dam uji t untuk membuktikan hipotesis.Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan varian, menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen.
Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol. Sumber data berasal dari hasil kemampuan membaca pemahaman siswa. Penganalisisan data dilakukan dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat untuk menguji normalitas data, rumus varian untuk menguji homogenitas data, dam uji t untuk membuktikan hipotesis.Hasil perhitungan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat dan varian, menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen.
Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung = 3,30 dan
ttabel = 1,665, sehingga thitung > ttabel. Oleh karena itu, teknik
Yoyo efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas
VII-10 SMP Negeri 9 Bandung.Berdasarkan penelitian di atas, peneliti
menyarankan kepada pihak guru untuk menggunakan teknik Yoyo sebagai
alternatif pembelajaran membaca pemahaman di sekolah. Saran kepada
peneliti atau calon peneliti lain, ujicobakan teknik Yoyo ini dalam
keterampilan berbahasa yang lain seperti menulis atau dapat dilakukan
pada keterampilan membaca kembali dengan memperbaiki
kekurangan-kekurangan yang terdapat dalam penelitian ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar