Metode Membaca PORPE |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SMA
Laboratorium Percontohan UPI dalam membaca teks buku sebelum dan setelah
menggunakan metode PORPE serta untuk mengetahui keefektifan metode
PORPE dalam pembelajaran membaca teks buku. Latar belakang penelitian
ini adalah rendahnya kemampuan membaca siswa yang salah satu penyebabnya
adalah penggunaan metode yang kurang efektif.
Penelitian ini dilakukan
di SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung dengan mengambil sampel
kelas XC sebagai kelas kontrol dan kelas XD sebagai kelas eksperimen
dari populasi seluruh siswa SMA Laboratorium Percontohan UPI Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen
kuasi, yaitu metode penelitian yang sistematis dan logis untuk menjawab
pertanyaan “Jika sesuatu dilakukan pada kondisi-kondisi yang dikontrol
dengan teliti, apakah yang akan terjadi?” Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen
perlakuan berupa RPP dan instrumen tes berupa soal merangkum seluruh isi
informasi teks buku.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan awal
membaca buku siswa yang diuji dengan membuat rangkuman isi buku di
kelas eksperimen sangat kurang dengan perolehan nilai rata-rata 36,23.
Sementara itu, kemampuan siswa dalam membaca buku tersebut setelah
menggunakan metode membaca PORPE mengalami peningkatan menjadi sangat
baik dengan perolehan nilai rata-rata 80,55. Setelah penulis
membandingkan hasil membaca siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol,
peningkatan yang dialami siswa di kelas eksperimen lebih besar
dibandingkan di kelas kontrol. Selain itu, penulis melakukan uji
hipotesis dengan taraf signifikansi 0,05 dan memperoleh hasil bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa metode membaca
PORPE efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks buku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar