Rabu, 14 Maret 2012

Tugas Kuliah Biomekanika : Pekerjaan Manual yang Memiliki Resiko Terjadinya Musculoskeletal Injury


Musculoskeletal Injury
Kegiatan produksi yang dilaksanakan di PT. Indomobil Suzuki Internasional Plant Cakung yang merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang proses produksi perakitan engine. Aktifitas produksi yang dilakukan oleh perusahaan ini adalah merakit engine dan komponen – komponen rangka engine. Salah satu engine yang dihasilkan oleh PT. ISI Plant Cakung  adalah engine XC 322  untuk kendaraan jenis motor (2w). Engine tersebut dipakai pada motor Shuzuki Shogun New (4 tak).

Salah satu kegiatan proses produksi yang memerlukan kenyamanan dan keamanan pada saat aktivitas produksi ialah pada proses die casting. Dimana proses ini adalah proses awal pembuatan komponen engine. Setelah part selesai,  diletakkan pada pallet yang sudah tersedia. Dimana pada saat meletakkanya, posisi operator membungkuk. Hal ini dikarenakan pallet kurang tinggi dan peletakanya harus tersusun rapi. 
 
Justifikasi Masalah
            Hasil pengolahan data untuk operator, di dapat momen gaya yang menghasilkan untuk fore arm, upper arm, trunk, dan untuk upper leg ini menggambarkan bahwa momen yang dihasilkan semakin besar. Sangat berpengaruh kepada resiko yang ditimbulkan terhadap operator terutama terhadap punggung sebagai pusat tumpu beban.
            Sedangkan pada tungkai/ kaki hanya pusat tumpu dari punggung yang mendapatkan beban terlebih dahulu dalam pengangkatan. Apabila momen yang dihasilkan makin kecil, maka akan memperkecil kemungkinan akan terjadinya cidera yang di derita oleh operator. Dengan kata lain, semakin kecil momen yang dihasilkan maka akan semakin baik untuk operator.

Selengkapnya download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar