Rabu, 14 Maret 2012

KERJA PRAKTEK : TINJAUAN PENERAPAN PRODUCTION CONTROL BOARD (PCB) PADA LANTAI PRODUKSI


            Dalam menjalankan usahanya PT. Indomobil Suzuki Internasional berusaha untuk menjadi yang terbaik dengan selalu mengutamakan mutu dan menghasilkan produk yang berkualitas. Dalam rangka pencapaian perlu adanya perbaikan-perbaikan system kerja yang telah ada, karena peraikan system kerja maka kelancaran proses produksi dapat berjalan dengan keinginan, proses akan terganggu apabila barang yang dikirim keproses selanjudnya cacat (reject) atau terjadinya penumpukan (bottle neck). Untuk mencapai itu semua perusahaan berusaha untuk meningkatkan aktifitas-aktifitas yang tersedia secara optimal serta jumlah tenaga kerja yang memadai dan mempunyai produktifitas yang tinggi. Untuk meningkatkan itu semua, salah satu usaha PT.ISI adalah dengan menggunakan Porduction Control Board (PCB).
             
PCB selanjutnya dapat bertujuan untuk mengontrol laju produksi. Dengan menggunakan PCB, PC server (bagian kantor) dapat mengontrol secara online tentang laju produksi tanpa melakukan pengawasan secara langsung dilantai produksi dan pengontrolan hanya dilakukan melalui monitor yang telah ada diruangan kantor. Dimonitor tersebut akan ditunjukan secara langsung type barang yang diproduksi, plan, actual, selisih antara plant dan actual dan waktu didepartement tertentu dalam setiap pemprosersan yang berlangsung. 
Pada PCB ini dirancang sebuah alat untuk pendeteksi maslah yang abnormal yang dihubungkan dengan alat peraga (andon) yang dipasang lampu dan alarm. Jika terjadi masalah yang abnormal maka secara otomatis sirine andon akan berbunyi dan conveyor akan berhenti sehingga operator maupun PC sever akan tahu secara langsung bahwa terjadi masalah pada suatu departemen.


Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar