Minggu, 06 Mei 2012

EFEKTIVITAS TEKNIK KONSELING KELUARGA INTEGRATIF UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENGASUHAN ANAK OLEH ORANG TUA SISWA SMP

Teknik Konseling Keluarga Integratif
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta empirik tentang adanya gejala penurunan kualitas pengasuhan anak oleh orang tua yang mengisyaratkan perlunya layanan konseling keluarga. Tujuan penelitian adalah: untuk mengetahui kualitas pengasuhan sebelum dan setelah konseling dilakukan, untuk merumuskan model teknik konseling keluarga integratif yang dituangkan dalam modul panduan teknik operasional, dan untuk menguji efektifitas teknik konseling keluarga integratif dalam meningkatkan kualitas pengasuhan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Pendekatan pengembangan dilakukan untuk merumuskan teknik konseling keluarga integratif yang teruji efektifitasnya untuk meningkatkan kualitas pengasuhan anak oleh orang tua. Adapun metode penelitiannya menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Hasil penelitian sebelum konseling menunjukan kualitas pengasuhan kelompok eksperimen rata-rata pada tingkat baik, dengan beberapa keluarga kualitas sedang. Hasil penelitian setelah konseling dilakukan seluruh keluarga kelompok eksperimen menunjukan rata-rata kualitas baik, dengan beberapa keluarga kualitas sangat baik.
Hasil penelitian menunjukan model teknik konseling keluarga integratif untuk meningkatkan kualitas pengasuhan dinyatakan layak dan teruji efektifitasnya. Rekomendasi bagi peneliti selanjutnya dapat memperluas subjek penelitian meliputi kepada: keluarga besar, keluarga dengan orang tua tunggal, keluarga dengan usia anak pra sekolah dan peneliti selanjutnya dapat pula menggunakan metode penelitian dan pendekatan konseling keluarga lainnya untuk meningkatkan kualitas pengasuhan.

Warning!!! Hanya referensi, jangan ini yang dijadikan disertasimu ya!
Silahkan Download Link Di Bawah Ini:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar