Selasa, 10 April 2012

PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM LATIHAN PROFESI (PLP) TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU SMK

Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur adalah suatu lembaga yang menghasilkan tenaga pendidik dalam bidang pendidikan teknologi menengah kejuruan baik di dalam persekolahan maupun diluar persekolahan. Guna menunjang kesiapan mahasiswa menjadi tenaga pendidik tersebut UPI Bandung mewajibkan mahasiswa menempuh pelaksanaan Program Latihan Profesi dan tercantum dalam kurikulum UPl Bandung sebagai mata kuliah wajib. Skripsi yang berjudul “Persepsi Mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru SMK.” Ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) terhadap kesiapan menjadi guru SMK.

Metode yang dipilih adalah metode penelitian deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan variabel tunggal yang tidak mengetengahkan adanya pengaruh atau hubungan antara dua hal atau lebih. Variabel penelitian ini menilai persepsi mahasiswa yang telah melaksanakan Program Latihan Profesi terhadap kesiapannya menjadi guru SMK. Pengumpulan data diperoleh dari angket/kuisioner yang disebar kepada 30 responden mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2003, 2004 dan 2005 yang telah melaksanakan program PLP, sampel yang  diambil dari populasi yang ada yakni sebanyak 30 orang mahasiswa.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa PLP memiliki persepsi yang positif dan berarti (signifikan). Persepsi dari Mahasiswa Program Latihan Profesi (PLP) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi Guru di SMK tergolong dalam tingkat tinggi dengan skor 64,24%.

Selengkapnya Download Link Di Bawah Ini!
- Download Daftar Isi
- Download BAB I
- Download BAB II
- Download BAB III
- Download BAB IV
- Download BAB V
- Download Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar