Penelitian ini dilakukan berdasarkan survey awal terhadap
perolehan hasil belajar peserta didik di SMKN 8 Bandung, dan menemukan
suatu indikasi bahwa, perolehan hasil belajar berupa nilai akhir mata
pelajaran peralatan dasar teknik otomotif, pada kompetensi dasar
penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik, menunjukkan hasil belajar
siswa lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain. Adapun
faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor internal dan
faktor eksternal siswa. Salah satu faktor internal adalah perhatian
siswa, saat kegiatan belajar mengajar dan salah satu faktor eksternal
adalah, penggunaan bahan ajar yang ikut andil dalam mempengaruhi
pencapaian proses dan hasil belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat, tentang penggunaan bahan ajar cetak dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X, Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012 pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik. Oleh karena itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai hal tersebut diatas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, pada kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012, pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik. Anggota populasi adalah, peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 37 orang siswa atau seluruh dari anggota populasi tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian didapatkan bahwa kelulusan siswa mencapai 100% dengan rata-rata nilainya sebesar 8,1, siswa memberikan respon positif sebesar 72% dan menghasilkan tingkat perhatian yang sangat kuat sebesar 81% terhadap KBM menggunakan bahan ajar cetak modul. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar cetak modul dapat meningkatkan proses belajar (respon dan tingkat perhatian) dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik.
Selengkapnya Download Link Di Bawah Ini!
- Download Daftar Isi
- Download BAB I
- Download BAB II
- Download BAB III
- Download BAB IV
- Download BAB V
- Download Daftar Pustaka
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat, tentang penggunaan bahan ajar cetak dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas X, Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012 pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik. Oleh karena itu, perlu diteliti lebih lanjut mengenai hal tersebut diatas. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, pada kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012, pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik. Anggota populasi adalah, peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 8 Bandung Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 37 orang siswa atau seluruh dari anggota populasi tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian didapatkan bahwa kelulusan siswa mencapai 100% dengan rata-rata nilainya sebesar 8,1, siswa memberikan respon positif sebesar 72% dan menghasilkan tingkat perhatian yang sangat kuat sebesar 81% terhadap KBM menggunakan bahan ajar cetak modul. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar cetak modul dapat meningkatkan proses belajar (respon dan tingkat perhatian) dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar penggunaan dan pemeliharaan alat ukur mekanik.
Selengkapnya Download Link Di Bawah Ini!
- Download Daftar Isi
- Download BAB I
- Download BAB II
- Download BAB III
- Download BAB IV
- Download BAB V
- Download Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar