Penelitian ini terfokus pada kajian pembelajaran seni baca Al-Qur’an
untuk menghasilkan santri yang memiliki kompetensi Seni Islam di
pesantren Al Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis: program, pelaksanaan, kendala
yang dihadapi, serta solusi di pesantren Al Falah dalam pembelajaran
seni baca Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian kualitatif adalah: observasi, wawancara dan studi
dokumentasi. Program pembelajaran yang diselenggarakan di pesantren Al
Falah dikenal dengan sebutan Marhalat al- Ta’limi Al-Qur’an
(tahapan-tahapan pembelajaran baca Al-Qur’an) sampai ke tingkat Mushaf
al-Mujawwad (seni baca Al-Qur’an).
Pelaksanaan pembelajaran seni baca
Al-Qur’an disusun sedemikian rupa berdasarkan kemampuan santri ketika
awal masuk pesantren melalui penempatan (placement), sehingga memudahkan
santri maupun ustadz dalam memasuki proses pembelajaran selanjutnya.
Pesantren ini menggunakan metode imitasi (ustadz mencontohkan lagu dan
ditiru oleh santri. Evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan
santri pada saat pertengahan atau akhir pembelajaran. Kendala yang
muncul diantaranya: kurangnya kesadaran santri dalam mengejar pelajaran
yang ditargetkan, kurangnya kesadaran latihan mengolah suara, bakat yang
kurang dibina dan pembelajaran yang digunakan terlalu berpusat pada
guru. Minimnya jumlah pengajar juga menjadi kendala dalam pembelajaran
ini. Upaya penanggulangan masalah ini dilakukan dengan kaderisasi tenaga
pengajar dengan memberdayakan santri dan membentuk pengelompokan sesuai
kapabilitas santri.
Selengkapnya Download Link Di Bawah Ini!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar