Salah satu cara untuk memenangkan persaingan antar
bank dalam upaya memperoleh nasabah baru atau mempertahankan nasabah
lama adalah dengan menggali peluang pasar yang walaupun kecil tetapi
menjanjikan keuntungan lebih besar. Pada kasus ini, salah satu sector
selected yang dianggap potensial bagi bank adalah para mahasiswa/i
sebagai pasar dari segmen pelajar.
Dalam penelitian ini, analisis strategi pemasaran perbankan dibuat
melalui pendekatan Strategic Marketing Plus 2000 yang terdiri dari tiga
komponen yakni :
I. Strategy mencakup Segmentation, Targeting, Positioning.
II. Tactic mencakup Differentation, Marketing Mix, Selling.
III. Value mencakup Brand, Service, Process.
I. Strategy mencakup Segmentation, Targeting, Positioning.
II. Tactic mencakup Differentation, Marketing Mix, Selling.
III. Value mencakup Brand, Service, Process.
Yang dianalisis berdasarkan variabel-variabel pilihan konsumen
mahasiswa/i itu sendiri yang disimpulkan melalui kuesioner secara random
di wilayah Kodya Bandung dan diolah melalui metode Analisis Faktor
dengan menggunakan software SPSS for Windows ver. 9.01.
Studi ini menyimpulkan bahwa variabel-variabel yang paling berpengaruh adalah sebagai berikut :
1. Komponen Strategy didominasi oleh variabel dari Faktor Pribadi seperti mengoleksi kartu-kartu pelayanan yang ditawarkan bank.
2. Komponen Tactic, didominasi oleh variabel dari Faktor Fasilitas yang Ditawarkan seperti banyaknya jaringan ATM yang dimiliki.
3. Komponen Value didominasi oleh variabel dari Faktor Pelayanan seperti jaminan pengiriman uang tepat waktu, dan pelayanan informasi bank selama 24 jam.
1. Komponen Strategy didominasi oleh variabel dari Faktor Pribadi seperti mengoleksi kartu-kartu pelayanan yang ditawarkan bank.
2. Komponen Tactic, didominasi oleh variabel dari Faktor Fasilitas yang Ditawarkan seperti banyaknya jaringan ATM yang dimiliki.
3. Komponen Value didominasi oleh variabel dari Faktor Pelayanan seperti jaminan pengiriman uang tepat waktu, dan pelayanan informasi bank selama 24 jam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar