Senin, 12 Maret 2012

PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN STM UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMP

Ilustrasi
Penelitian yang berjudul ”Pembelajaran Melalui Pendekatan STM Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Pencemaran Lingkungan” telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang penguasaan konsep siswa SMP sebelum dan setelah pembelajaran melalui pendekatan STM pada materi pencemaran lingkungan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh informasi tentang peningkatan penguasaan konsep siswa SMP  melalui pendekatan STM  pada materi  pencemaran lingkungan. 

Metode penelitian yang digunakan adalah weak eksperimen dengan desain pree-test post-test kelompok tunggal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, siswa kelas VII  SMP Negeri 1 Lembang tahun  ajaran 2010-2011. Subyek yang digunakan diambil secara Random Kelas sebanyak satu kelas dengan jumlah siswa 37 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes penguasaan konsep. Hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep pencernaan walaupun tergolong rendah ( indeks gain = 0,29 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar