Ilustrasi |
Penelitian yang berjudul ”Pembelajaran Melalui Pendekatan STM Untuk
Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Topik Pencemaran Lingkungan”
telah dilakukan pada siswa kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan informasi tentang penguasaan konsep siswa SMP sebelum dan
setelah pembelajaran melalui pendekatan STM pada materi pencemaran
lingkungan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk memperoleh
informasi tentang peningkatan penguasaan konsep siswa SMP melalui
pendekatan STM pada materi pencemaran lingkungan.
Metode penelitian
yang digunakan adalah weak eksperimen dengan desain pree-test post-test
kelompok tunggal. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu,
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lembang tahun ajaran 2010-2011. Subyek
yang digunakan diambil secara Random Kelas sebanyak satu kelas dengan
jumlah siswa 37 Siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
penguasaan konsep. Hasil analisis data menunjukan bahwa penggunaan
pendekatan STM dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep
pencernaan walaupun tergolong rendah ( indeks gain = 0,29 ).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar