Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Methodological Siswa SMP
pada Praktikum Pencernaan Melalui Desain Praktikum Berbasis Diagram
Vee”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan
untuk mengungkap kemampuan methodological siswa berdasarkan
Novak&Gowin (1984) yang terbagi menjadi kemampuan record/
transformation serta knowledge claim. Kemampuan ini dianalisis dengan
menggunakan tabel penskoran diagram Vee yang diadopsi dari
Novak&Gowin (1984).
Pelaksanaan penelitian terbagi menjadi dua tahap
yaitu tahap pengembangan desain praktikum dan tahap pelaksanaan serta
analisis data. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP kelas VIII
semester 2 di Kabupaten Bandung Barat. Pengambilan data dilakukan dengan
menganalisis hasil lembar kegiatan praktikum siswa yang dilakukan
berdasarkan desain praktikum dengan pengembangan berdasarkan diagram
Vee.
Hasil penelitian pada kemampuan record/ transformation menunjukkan
bahwa dari 24 orang siswa yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 21%
siswa berada pada kriteria 1, 17% pada kriteria 2, 62% pada kriteria 3
dan 0% pada kriteria 0 dan 4. Sedangkan hasil penellitan pada kemampuan
knowledge claim menunjukkan bahwa 4% siswa berada pada kriteria 0, 13%
pada kriteria 1, 33% pada kriteria 2, 21% pada kriteria 3 dan 29% pada
kriteria 4. Setelah dilakukan uji korelasi menggunakan statistika uji
korelasi spearman’s rank correlation coefficient ditemukan bahwa
terdapat hubungan yang kuat diantara kedua kemampuan ini dengan rasio
korelasi 0.614. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa kemampuan
siswa berada pada kriteria pertengahan untuk kemampuan record/
transformation dan tersebar pada kemampuan knowledge claim.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar