Selasa, 13 Maret 2012

ANALISIS KEMAMPUAN METHODOLOGICAL SISWA SMP PADA PRAKTIKUM PENCERNAAN MELALUI DESAIN PRAKTIKUM BERBASIS DIAGRAM VEE

Penelitian ini berjudul “Analisis Kemampuan Methodological Siswa SMP pada Praktikum Pencernaan Melalui Desain Praktikum Berbasis Diagram Vee”. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengungkap kemampuan methodological siswa berdasarkan Novak&Gowin (1984) yang terbagi menjadi kemampuan record/ transformation serta knowledge claim. Kemampuan ini dianalisis dengan menggunakan tabel penskoran diagram Vee yang diadopsi dari Novak&Gowin (1984). 

Pelaksanaan penelitian terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap pengembangan desain praktikum dan tahap pelaksanaan serta analisis data. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMP kelas VIII semester 2 di Kabupaten Bandung Barat. Pengambilan data dilakukan dengan menganalisis hasil lembar kegiatan praktikum siswa yang dilakukan berdasarkan desain praktikum dengan pengembangan berdasarkan diagram Vee. 
Hasil penelitian pada kemampuan record/ transformation menunjukkan bahwa dari 24 orang siswa yang dijadikan sampel penelitian sebanyak 21% siswa berada pada kriteria 1, 17% pada kriteria 2, 62% pada kriteria 3 dan 0% pada kriteria 0 dan 4. Sedangkan hasil penellitan pada kemampuan knowledge claim menunjukkan bahwa 4% siswa berada pada kriteria 0, 13% pada kriteria 1, 33% pada kriteria 2, 21% pada kriteria 3 dan 29% pada kriteria 4. Setelah dilakukan uji korelasi menggunakan statistika uji korelasi spearman’s rank correlation coefficient ditemukan bahwa terdapat hubungan yang kuat diantara kedua kemampuan ini dengan rasio korelasi 0.614. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa kemampuan siswa berada pada kriteria pertengahan untuk kemampuan record/ transformation dan tersebar pada kemampuan knowledge claim.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar