Sabtu, 05 Mei 2012

POKA YOKE

Poka Yoke
Setiap perusahaan industri tentunya akan selalu berusaha untuk mendapatkan kualitas yang terbaik agar kepuasan konsumen dapat terpenuhi. Salah satu indikator kualitas produk yang baik yang dapat langsung diamati dalam rangkaian proses produksi adalah rendahnya tingkat defect dari produk yang dihasilkan.
Saat ini salah satu alat untuk menekan angka defect pada suatu industri manufaktur adalah dengan menggunakan Poka Yoke. Defect adalah kesalahan yang terjadi selama berlangsungnya proses produksi dan defect ini dapat menyebabkan adanya reject pada produk apabila defect yang terjadi tidak segera langsung diatasi. Defect serta reject itu sendiri akan berkaitan langsung dengan  masa depan industri itu sendiri, baik itu dari segi keuntungan yang akan menurun, serta besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasi defect tersebut.


Poka Yoke merupakan dasar bagi industri manufaktur untuk menghasilkan produk yang bebas dari kesalahan maupun kerusakan. Poka Yoke meyakinkan bahwa tidak boleh ada produk yang rusak akibat kesalahan kerja dari operator maupun akibat material yang tidak bagus.
Poka Yoke sebenarnya berasal dari bahasa Jepang yaitu Boka Yoke yang berarti Fool Profing atau pendeteksi akibat kebodohan, tetapi kemudian berubah menjadi Poka Yoke yang berarti careles mistake proof atau pencegah kesalahan akibat kecerobohan Berdasarkan arti bahasa dasarnya. Poka berarti kecerobohan, sedangkan Yoke berarti mencegah, sehingga Poka Yoke diartikan sebagai alat pencegah kesalahan akibat kebodohan.
Kesalahan / defect dapat dideteksi dengan adanva inspeksi 100%. Dengan kata lain, kesalahan dapat diminimalisir dengan adanya latihan yang terus-menerus dan selalu diadakannya pengecekan pada setiap unit produk. Poka Yoke pada saat sekarang ini merupakan elemen dasar bagi dunia industri untuk dapat mencapai produk yang bebas dari kerusakan / zero defect. Karena kerusakan pada sebuah produk dapat merugikan baik itu bagi perusahaan maupun bagi konsumen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar