Sabtu, 05 Mei 2012

KANBAN


Kartu Kanban
Toyota pertama kali menjadi perhatian dunia pada tahun 1980-an, dan pada tahun 1990-an tampak semakin jelas bahwa ada sesuatu yang sangat istimewa dengan Toyota jika dibandingkan dengan para pembuat mobil lainnya.  Keistimewaan itu bukanlah desain atau kinerja mobil yang memukau  tetapi Toyota merancang mobil dan membuat produk-produknya yang memiliki konsistensi pada proses dan produk yang luar biasa. Toyota merancang mobilnya lebih cepat, dengan tingkat kehandalan yang lebih tinggi, tetapi dengan biaya yang kompetitif, meskipun mereka harus membayar upah pekerja jepang yang relatif tinggi.

Tujuan dari JIT adalah untuk mempersingkat waktu tunggu sehingga tidak terjadi persediaan dalam jumlah yang banyak. Oleh karena itu suatu sistem perlu digunakan untuk menentukan reorder point (sistem terstruktur). Salah satu sistem tersebut adalah dengan menggunakan kartu yang disebut dengan kanban.
Kanban adalah satu alat kontrol penting untuk produksi Just in Time. Dalam Bahasa Jepang, KANBAN artinya Sinyal. Sistem KANBAN adalah sistem pengendalian produksi dengan menggunakan sistem kartu yang ditujukan untuk mengendalikan sistem produksi Just in Time atau Lean Production System.
Tujuan utama Sistem KANBAN adalah mengurangi over-production, pemborosan yang paling berbahaya diantara 7 pemborosan di pabrik. Dengan KANBAN, produksi akan disesuaikan dengan jumlah yang dipesan dan tidak berlebih. 

Download         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar