Jumat, 13 April 2012

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BANK BERDASARKAN PENDEKATAN STRATEGIC MARKETING PLUS 2000

Salah satu cara untuk memenangkan persaingan antar bank dalam upaya memperoleh nasabah baru atau mempertahankan nasabah lama adalah dengan menggali peluang pasar yang walaupun kecil tetapi menjanjikan keuntungan lebih besar. Pada kasus ini, salah satu sector selected yang dianggap potensial bagi bank adalah para mahasiswa/i sebagai pasar dari segmen pelajar.
Dalam penelitian ini, analisis strategi pemasaran perbankan dibuat melalui pendekatan Strategic Marketing Plus 2000 yang terdiri dari tiga komponen yakni :
I. Strategy mencakup Segmentation, Targeting, Positioning.
II. Tactic mencakup Differentation, Marketing Mix, Selling.
III. Value mencakup Brand, Service, Process.


Yang dianalisis berdasarkan variabel-variabel pilihan konsumen mahasiswa/i itu sendiri yang disimpulkan melalui kuesioner secara random di wilayah Kodya Bandung dan diolah melalui metode Analisis Faktor dengan menggunakan software SPSS for Windows ver. 9.01.
Studi ini menyimpulkan bahwa variabel-variabel yang paling berpengaruh adalah sebagai berikut :
1. Komponen Strategy didominasi oleh variabel dari Faktor Pribadi seperti mengoleksi kartu-kartu pelayanan yang ditawarkan bank.
2. Komponen Tactic, didominasi oleh variabel dari Faktor Fasilitas yang Ditawarkan seperti banyaknya jaringan ATM yang dimiliki.
3. Komponen Value didominasi oleh variabel dari Faktor Pelayanan seperti jaminan pengiriman uang tepat waktu, dan pelayanan informasi bank selama 24 jam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar