Rabu, 21 Maret 2012

PEMODELAN BOILER SISTEM PEMBANGKIT MENGGUNAKAN COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC (CFD)

Sebuah boiler sangat penting perannya dalam sebuah sistem Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU). Di dalam boiler terjadi proses pembakaran dan proses perpindahan panas dari panas hasil pembakaran ke air. Untuk mempermudah menganalisa proses yang terjadi di dalam sebuah boiler, kita dapat menggunakan bantuan perangkat lunak. Penggunaan perangkat lunak mendapatkan hasil dari proses yang terjadi sehingga dapat dianalisa. Tugas akhir ini membuat pemodelan boiler sistem PLTU dengan menggunakan perangkat lunak jenis CFD (Computational Fluid Dynamic) yang terdiri dari program Fluent dan Gambit. 

Fluent digunakan untuk pemodelan dan simulasi pembakaran dalam boiler sedangkan Gambit digunakan untuk pemodelan geometri. Data yang digunakan dalam tugas akhir ini diperoleh dari hasil simulasi perangkat lunak TermoFlow. 
Hasil simulasi pada tugas akhir ini berupa vektor aliran, distribusi temperatur, fraksi massa sisa reaktan, dan polutan NOx sebagai gas buang hasil pembakaran batubara. Distribusi temperatur yang terjadi mendekati keadaan perpindahan panas yang sebenarnya bila kita menggunakan pengaruh radiasi dalam perpindahan panas. Didapat perbedaan fraksi massa sisa reaktan antara reaksi stoikiometri dan reaksi udara lebih. Hasil simulasi dengan pemodelan boiler menggunakan CFD dapat digunakan untuk menganalisis boiler PLTU. Hasil tugas akhir ini dapat dijadikan panduan dalam pengembangan penelitian pemodelan boiler PLTU dengan CFD selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar