Jumat, 10 Februari 2012

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 7 CIREBON

Penelitian dilatarbelakangi dengan fenomena adanya masalah yaitu masih banyaknya nilai siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 7 Cirebon mengenai pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran akuntansi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kompetensi pedagogik guru dan  hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Cirebon untuk mengetahui gambaran pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Cirebon.



Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei verifikatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunkan teknik Simple Random Samplin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa dari populasi 149. Penelitian dilakukan dengan menggunakan korelasi Product Moment untuk mengetahui pengaruh variabel bebas dengan variabel terikat.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS dalam mata pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 7 Cirebon, teruji dan diterima kebenarannya dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini dibuktikan dengan nilai korelasi sebesar 0,69 serta koefisien determinasi sebesar 47,61% dan sisanya sebesar 52,39% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 7 Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar