Jumat, 24 Februari 2012

HUBUNGAN PERSEPSI PESERTA DIKLAT TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN AKTIVITAS BELAJAR

Permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah hubungan persepsi peserta diklat tentang pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar peserta diklat pekerja sosial di BBPPKS Bandung”. Permasalahan utama tersebut dijabarkan menjadi tiga rumusan masalah yang lebih spesifik, diantaranya:

1. Bagaimanakah gambaran persepsi peserta diklat tentang pengelolaan kelas diklat pekerja sosial di BBPPKS Bandung ?
2. Bagaimanakah aktivitas belajar peserta diklat pekerja sosial BBPPKS Bandung?
3. Bagaimanakah hubungan persepsi peserta diklat tentang pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar peserta diklat pekerja sosial di BBPPKS Bandung?

Berdasarkan rumusan masalah tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta diklat Sertifikasi Jabatan Fungsional Tingkat Terampil di BBPPKS berjumlah 30 orang yang diambil menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik analisis data yang digunakan yaitu studi korelasi. Hasil penelitian berdasarkan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi peserta diklat tentang pengelolaan kelas dengan aktivitas belajar peserta diklat pekerja sosial di BBPPKS Bandung dengan tingkat keeratan cukup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar