Rabu, 18 Januari 2012

MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MELALUI PERMAINAN KOOPERATIF

Teman Phydi ada yang lagi stres, jadi ikutan stres juga nih... Ups, tapi jangan khawatir postingan Phydi tetap untuk mengobati stres teman-teman yang pusing mikirin skripsi atau tugas akhir atau tugas kuliah atau...atau...atau.... :]

Karena lagi stres maka kita akan membahas mengenai psikologi, tapi tetap tidak bisa mengobati stres teman Phydi karena bahasannya mengenai " Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Kooperatif". Kalau menurut Phydi sih permainan yang kooperatif yaitu War Craft, Counter Strike, Need 4 Speed Carbon...hahaha...

Baiklah, langsung baca abstraknya saja ya.

ABSTRAK
Perkembangan sosial pada anak-anak Sekolah Dasar ditandai dengan adanya perluasan hubungan, di samping dengan keluarga, dia juga mulai membentuk ikatan baru dengan teman sebaya (peer group) seperti teman sekelas, sehingga ruang gerak hubungan sosialnya bertambah luas. Kemampuan bersosialisasi pada anak harus terus diasah. Sebab, seberapa jauh anak dapat meniti kesuksesannya, sangat ditentukan oleh banyaknya relasi yang sudah dijalin. Melalui hubungan teman sebaya, anak memperoleh kesempatan untuk belajar keterampilan sosial yang penting untuk kehidupannya, terutama keterampilan yang dibutuhkan untuk memulai dan memelihara hubungan sosial dan untuk memecahkan konflik sosial, yang mencakup keterampilan berkomunikasi, berkompromi, dan berdiplomasi.



Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum mengenai keterampilan sosial di SDN Kayu Ambon I Lembang Tahun Ajaran 2007/2008 dan efektifitas permainan kooperatif untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa Sekolah Dasar.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen kuasi (Quasi experiment) dengan tujuan untuk melihat pengaruh dari permainan kooperatif terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Secara umum keterampilan sosial siswa SDN Kayu Ambon I Lembang berada pada kategori tinggi. Hasil lain yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapatnya pengaruh dari permainan kooperatif terhadap peningkatan keterampilan siswa sekolah dasar.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagian besar keterampilan sosial yang dimiliki oleh siswa SDN Kayu Ambon I Lembang sudah sangat baik dan ada kecenderungan untuk terus meningkat. Namun demikian, tetap dirasakan munculnya permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan sosial. Berbagai permasalahan muncul manakala siswa kurang menguasai aspek-aspek keterampilan sosial. Permasalahan lain muncul pada saat anak menghadapi berbagai macam konflik ketika berinteraksi dengan siswa lainnya. Dengan kata lain, perlu upaya optimasi keterampilan sosial terhadap siswa SDN Kayu Ambon I Lembang tahun pelajaran 2007/2008. Optimasi ini diarahkan agar mereka tetap memiliki keterampilan sosial yang tinggi agar kualitas keterampilan sosial yang sudah dimiliki oleh para siswa tidak menurun. Kesimpulan lain dari penelitian ini permainan kooperatif dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan sosial. Keberhasilan yang dicapai tidak terlepas dari peran bimbingan yang diberikan kepada siswa pada saat proses kegiatan bermain berlangsung.


Mau yang lebih lengkap ? Langsung saja download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar