Dalam mengatasi persaingan suatu perusahaan harus mempunyai
strategi-strategi dalam mempertahankan Pelanggan. Clothing Linecoltd
Bandung adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam industri pakaian dan
asesoris berjenis sketter. Clothing Linecoltd Bandung menerapkan
strategi diferensiasi di perusahaannya. Strategi tersebut digunakan untuk
mempertahankan pelanggan dari pesaing
Diferensiasi merupakan salah satu strategi jangka panjang untuk perusahaan yang dapat memberikan nilai lebih besar bagi konsumen. Diferensiasi merupakan proses menambahkan serangkaian perbedaan yang bernilai guna membedakan tawaran perusahaan itu dari perusahaan pesaing (Kotler, 2005:347). Aspek-aspek yang dapat didiferensiasikan dalam suatu perusahaan diantaranya adalah melalui produk yang dihasilkannya, penambahan jasa atau pelayanan, personalianya, saluran distribusinya dan citra perusahaan. Dengan diferensiasi tertentu dengan sendirinya akan menciptakan kepuasan individu, dan akan membuat seorang konsumen melakukan pembelian berulang, sehingga membuat konsumen menjadi loyal terhadap perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden tentang Strategi diferensiasi di clothing linecoltd Bandung, mengetahui loyalitas pelanggan pada clothing linecoltd Bandung, serta mengetahui sejauh mana pengaruh Strategi diferensiasi terhadap loyalitas pada clothing linecoltd Bandung
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan apa yang dilakukan berdasarkan faktor-faktor atau kejadian-kejadian pada objek yang diteliti, untuk kemudian diolah menjdai data-data selanjutnya dilakukan suatu penelitian yang sehingga pada akhirnya dihasilkn suatu kesimpulan, sedangkan verifikatif yaitu metode yang dilakukan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan perhitungan statistika koefisien korelasi rank spaerman.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat hubungan antara strategi diferensiasi dengan loyalitas cukup kuat dan searah. pengaruh strategi diferensiasi terhadap loyalitas pelanggan diperoleh hasil sebesar 39,81% sedangkan sisanya 60,19% dipengaruhi oleh faktor lain .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar