Senin, 04 Juni 2012

Kombinasi Pemberian Kascing Dan Pupuk Organik Cair Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Bawang Merah (Allium Ascalonicum L.)

Pemberian Kascing dan Pupuk Organik pada Bawang Merah
Pengaruh kombinasi kascing dan pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi bawang merah belum banyak diteliti di daerah ini. Untuk itu sebuah penelitian telah dilakukan di desa Tanjung Selamat, Kecamatan Sunggal, Deli Serdang pada Februari sampai April 2011, menggunakan rancangan acak kelompok faktorial 2 faktor yaitu kascing (30 gr/tanaman, 60 gr/tanaman, 90 gr/tanaman) dan pupuk organik cair (0 ml/l air, 3 ml/l air, 6 ml/l air, 9 ml/l air). 

Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, bobot basah umbi per sampel, jumlah anakan per rumpun, bobot kering umbi per sampel, susut bobot umbi, bobot umbi per plot, diameter umbi per sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan kascing berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah anakan per rumpun, dan susut bobot umbi, perlakuan pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun per rumpun, susut bobot umbi, dan bobot kering umbi per plot, interaksi perlakuan kascing dan pupuk organik cair berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun per rumpun. Hasil yang terbaik diperoleh pada kombinasi kascing 90 gr/tanaman dan pupuk organik cair 6 ml/l air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar