Rabu, 09 Mei 2012

KAJI TURBIN GORLOV DENGAN PENGUJIAN EKSPERIMENTAL

Turbin Gorlov
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan energi listrik serta menipisnya cadangan bahan bakar fosil, maka dibutuhkanlah suatu alternatif sumber energi terbarukan. Salah satu alternatif energi yang bisa digunakan adalah berasal dari arus air. Indonesia yang sebagian besar wilayahnya berupa perairan menyimpan potensi energi arus air yang sangat besar. Saat ini telah dikembangkan turbin arus air Gorlov yang dapat bekerja pada kecepatan arus air mulai 0,6 m/s dengan efisiensi yang tinggi dibandingkan dengan turbin-turbin arus lainnya.


Pada tugas akhir ini dilakukan proses persiapan dan pelaksanaan pengujian terhadap prototype turbin Gorlov. Proses persiapan antara lain melakukan survei lokasi yang dirasa baik untuk dilakukan pengujian, dan juga membuat alat untuk pengukuran torsi turbin. Alat pengukuran torsi ini dibuat dari rem tromol motor yang dimodifikasi agar sesuai dengan dimensi poros turbin dan dapat digunakan dengan sebaik dan sepraktis mungkin pada saat pengujian. Kemudian pengujian terhadap prototype turbin Gorlov dilakukan dengan mengukur berbagai parameter yang mempengaruhi performa turbin, antara lain kecepatan arus air, kecepatan putar, torsi, efisiensi, dan Tip Speed Ratio dari tubin.
Hasil dari pengujian berupa grafik hubungan daya yang dihasilkan turbin serta efisiensi turbin pada berbagai kecepatan arus air. Daya maksimum yang didapat pada kecepatan air 1m/s adalah sekitar 185 watt dengan efisiensi sekitar 30%. Selain itu didapat juga nilai Tip Speed Ratio dari tubin, yaitu sebesar 1. Hasil yang didapat dari pengujian kemudian dibandingkan dengan nilai performa turbin Gorlov yang sebenarnya dikatakan. Dari perbandingan tersebut, diketahui bahwa prototype turbin Gorlov yang diuji belum lah mempunyai dimensi ataupun profil optimum yang dapat menghasilan daya yang maksimum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar