Kamis, 05 April 2012

PENGARUH TARGET PRODUKSI TEMBAGA TERHADAP KEMAJUAN TAMBANG

ABSTRAK
Metode penambangan PT. XYZ adalah metode penambangan open pit. Kegiatan utama penambangan yang dilakukan adalah kegiatan pemberaian, pemuatan, dan pengangkutan. Sebelum melakukan kegiatan penambangan, terlebih dahulu ditentukan rencana penambangan. Target produksi tembaga dan kemajuan tambang merupakan bagian dari rencana penambangan.
Untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh target produksi tembaga terhadap kemajuan tambang diperlukan studi perbandingan terhadap beberapa target produksi tembaga. Dengan membuat cut design berdasarkan target produksi tembaga yang berbeda diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pengaruh target produksi tembaga terhadap kemajuan tambang. Cut design yang dibuat akan memberikan informasi mengenai elevasi, jumlah jenjang, jumlah material, komposisi jenis material dan kadar rata-rata logam yang akan di tambang. Dari beberapa cut design tersebut akan dipilih yang paling sesuai untuk dilaksanakan oleh PT. XYZ pada tahun 2008. Pemilihan ini berdasarkan kemampuan pemindahan material PT. XYZ tahun 2008.
Berdasarkan data produksi tembaga per tahun pada tahun 2000 – 2006 dan target produksi tembaga tahun 2007, maka dipilih tiga target produksi tembaga yaitu 718 Mlbs Cu (produksi tembaga maksimum), 590 Mlbs Cu (produksi tembaga rata-rata), dan 456 Mlbs Cu (produksi tembaga minimum). Pembuatan cut design berdasarkan ketiga target produksi tembaga tersebut dengan menggunakan Miner Version 5.1.3. Cut design yang dibuat yaitu : cut design A, B, dan C untuk target produksi tembaga 718 Mlbs, 590 Mlbs, dan 456 Mlbs akan dievaluasi. Target produksi tembaga yang berbeda mempengaruhi kemajuan tambang, hal ini dapat dilihat dari elevasi penambangan terbawah setiap phase, jumlah jenjang penambangan setiap phase dan jumlah material penambangan setiap phase. Elevasi terbawah cut design A, B dan C adalah (-180), (-165) dan (-150). Jumlah jenjang cut design A, B, dan C adalah 36, 32, dan 28 jenjang. Jumlah material cut design A, B dan C adalah 259.261 kton, 226.138 kton, dan 192.500 kton. Komposisi jenis material cut design B paling sesuai dengan kemampuan pemindahan material ore dan waste PT. XYZ tahun 2008, maka target produksi 590 Mlbs Cu merupakan target produksi tembaga yang paling sesuai untuk dilakasanakan PT. XYZ pada tahun 2008.

Selengkapnya Download Link Dibawah ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar