Rabu, 25 April 2012

Pengaruh Merokok Terhadap PH Dan Aktivitas Enzim Amilase Air Liur

Pengaruh Roko Terhadap pH dan Enzim
Merokok dapat menyebabkan berbagai perubahan dalam tubuh manusia, termasuk air liur. Dari studi literatur dikatakan bahwa merokok dapat menyebabkan pH liur menjadi lebih asam, dan pH yang asam menyebabkan aktivitas enzim yang terkandung di dalamnya tidak bekerja optimal. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan merokok terhadap pH liur dan hubungan pH tersebut terhadap aktivitas enzim amilase liur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sample yang digunakan adalah 32 perokok yang merokok minimal 5 batang per hari dengan periode merokok minimal 1 tahun. 


Penelitian dilakukan pada bulan Oktober-November 2010 di laboratorium biokimia FK USU. Pengambilan sampel dengan cara total sampling, data responden diambil dengan menggunakan kuesioner dan air liur subyek diukur secara langsung dengan pH-meter dan tes Benedict oleh peneliti. Kemudian hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji statistic chi-square (X²) dengan bantuan program SPSS. Dari uji analisis statistik diperoleh nilai p-value < 0,05 (p-value jumlah rokok yang dikonsumsi terhadap pH = 0,006 ; p-value pH terhadap aktivitas enzim amilse liur = 0,002) yang menandakan terdapat hubungan yang bermakna antara jumlah rokok yang dikonsumsi dengan pH liur serta pH terhadap aktivitas enzim amilase liur. Namun, didapatkan pula p-value > 0,05 (p-value=0,946) pada hubungan periode merokok dengan pH liur. Hal ini menandakan tidak ada hubungan yang berarti antara periode merokok dengan pH liur. Kesimpulan dari penelitian ini adalah jumlah batang rokok yang dikonsumsi berpengaruh terhadap pH liur dan pH liur berpengaruh pada aktivitas enzim amilasenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar