Rabu, 11 April 2012

PEMBELAJARAN SENI BACA AL-QUR’AN UNTUK MENGHASILKAN SANTRI YANG MEMILIKI KOMPETENSI SENI ISLAMI

Penelitian ini terfokus pada kajian pembelajaran seni baca Al-Qur’an untuk menghasilkan santri yang memiliki kompetensi Seni Islam di pesantren Al Falah Cicalengka Kabupaten Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: program, pelaksanaan, kendala yang dihadapi, serta solusi di pesantren Al Falah dalam pembelajaran seni baca Al-Qur’an. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kualitatif adalah: observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Program pembelajaran yang diselenggarakan di pesantren Al Falah dikenal dengan sebutan Marhalat al- Ta’limi Al-Qur’an (tahapan-tahapan pembelajaran baca Al-Qur’an) sampai ke tingkat Mushaf al-Mujawwad (seni baca Al-Qur’an). 
Pelaksanaan pembelajaran seni baca Al-Qur’an disusun sedemikian rupa berdasarkan kemampuan santri ketika awal masuk pesantren melalui penempatan (placement), sehingga memudahkan santri maupun ustadz dalam memasuki proses pembelajaran selanjutnya. Pesantren ini menggunakan metode imitasi (ustadz mencontohkan lagu dan ditiru oleh santri. Evaluasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan santri pada saat pertengahan atau akhir pembelajaran. Kendala yang muncul diantaranya: kurangnya kesadaran santri dalam mengejar pelajaran yang ditargetkan, kurangnya kesadaran latihan mengolah suara, bakat yang kurang dibina dan pembelajaran yang digunakan terlalu berpusat pada guru. Minimnya jumlah pengajar juga menjadi kendala dalam pembelajaran ini. Upaya penanggulangan masalah ini dilakukan dengan kaderisasi tenaga pengajar dengan memberdayakan santri dan membentuk pengelompokan sesuai kapabilitas santri.

Selengkapnya Download Link Di Bawah Ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar