Minggu, 25 Maret 2012

PERANCANGAN KONSTRUKSI GRAVING DOCK PADA TANAH LUNAK SUNGAI

ABSTRAK

Secara umum, graving dok adalah galangan kapal yang terpisah dari pelabuhan, dan keduanya terletak berdampingan. Graving dok dibangun dengan melakukan penggalian tanah. Struktur dok seperti tertanam didalam tanah (oleh karena itu penamaan dok ini menjadi graving dok). Graving dok sering juga disebut dok kering (karena struktur utama graving dok berada di daratan kering).
Struktur utama graving dok adalah lantai, dinding samping, pondasi, pintu gerbang dok, dan head wall. Perencanaan elemen struktural meliputi perencanaan dinding composite anchored sheet pile, perencanaan lantai dengan sistem penulangan 2 arah, dan perencanaan sistem pondasi dengan menggunakan tiang bor. Bagian dari struktur dok yang terletak di pintu masuk dok disebut kepala dok, yang menopang pintu gerbang dok dan peralatan tambahan lainnya untuk keperluan docking-undocking kapal.
Pembebanan yang terjadi pada graving dok adalah beban lateral tekanan tanah, beban hidrostatis air, beban lateral surcharge load, beban uplift, beban kapal, beban air didalam dok. Kombinasi dari beban beban ini yang akan dijadikan bahan pertimbangan dalam perancangan graving dok. Beban yang perlu diperhatikan secara matang adalah beban uplift, karena beban ini dapat membuat struktur graving dok "tercabut". Beban uplift ini mengakibatkan geser tarik pada sistem pondasi graving dok.
Data data yang dibutuhkan untuk perencanaan graving dok adalah data dimensi utama kapal, kapasitas bobot mati kapal, dan data tanah di area graving dok. Data dimensi utama kapal diperoleh dari katalog pabrik produsen kapal, dan data tanah diperoleh dengan investigasi tanah. Pada graving dok ini metoda investigasi yang dilakukan adalah metoda N-SPT.
Untuk proses docking-undocking, maka didalam dok harus dibuat sebuah sistem pompa untuk menguras dan mengisi dok dengan air. Sistem pompa yang didesain harus mempertimbangkan total head loss akibat perbedaan elevasi dok, dan friksi dalam pipa air. 
Selengkapnya Download Link di bawah ini :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar