Senin, 05 Maret 2012

PEMANFAATAN MATERIAL BAMBU SEBAGAI MATERIAL BANGUNAN SEDERHANA DI DAERAH RAWAN GEMPA,

ABSTRAK
Rumah tahan gempa dewasa ini bukanlah suatu bangunan yang terjangkau olehmasyarakat secara mayoritas, yakni kalangan masyarakat bawah. Padahalpembangunan rumah tahan gempa tidak memerlukan biaya yang besar, namun yangdiperlukan adalah penerapan konsep-konsep bangunan tahan gempa sepertikontinuitas aliran beban, daktilitas, dan kekakuan struktur.

Meski dipandang rendah oleh kebanyakan orang, bambu mulai dilirik oleh kalanganakademisi sebagai material bangunan alternatif. Kuat tarik yang setara dengan bajalemah dan kuat tekan yang setara dengan beton serta harga yang relatif sangat murahdibanding material lainnya membuat bambu sebagai material yang berpotensi besarsebagai bahan bangunan.
Tujuan penulisan Tugas Akhir adalah untuk mengetahui potensi material lokalsebagai alternatif material bangunan dan meninjau kinerja material tersebut dalamsuatu sistem struktur bangunan sederhana. Kriteria yang ditinjau adalah kekuatan dankelayanan struktur serta kontinuitas aliran beban yang terbentuk dari penggunaanbambu pada struktur bangunan.
Untuk meninjau kekuatan dan kelayanan struktur bambu dilakukan pemodelan dandesain struktur bambu termasuk detailing sambungan dengan bantuan programanalisis struktur. Dari pemodelan dan desain ini akan diperoleh kapasitas dan perilakustruktur teoritis. Setelah itu, verifikasi desain penampang dan sambungan dilakukandengan membuat spesimen uji portal dan kuda-kuda struktur. Terhadap keduaspesimen ini dilakukan uji pembebanan statis hingga runtuh untuk memperolehkapasitas dan perilaku struktur yang sebenarnya.

Download link di bawah ini, sangat disarankan untuk tidak plagiat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar