|
Multimedia Interaktif |
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan
multimedia
interaktif (MMI) terhadap hasil belajar siswa pada standar kompetensi
mengukur menggunakan alat ukur. Metode penelitian yang digunakan adalah
Quasi eksperimental design, dilakukan terhadap peserta didik kelas X
SMKN 12 Bandung. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling
purposive, dengan pertimbangan bahwa antara kelas kontrol dan eksperimen
diajar oleh guru yang sama. Kelas eksperimen 33 siswa menggunakan
multimedia interaktif (MMI) dan kelas kontrol 31 siswa menggunakan media
pembelajaran visual. Data penelitian diperoleh melalui pretest dan
posttest. Adapun data pendukungnya (aktivitas belajar) diperoleh melalui
observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada
kelas yang menggunakan multimedia interaktif memiliki rata-rata hasil
belajar 83,89 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang
menggunakan media visual yang memiliki rata-rata hasil belajar 70,35,
gain kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan gain pada kelas
kontrol sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
penggunaan multimedia interaktif (MMI) terhadap hasil belajar siswa pada
standar kompetensi mengukur menggunakan alat ukur di SMKN 12 Bandung.
Selengkapnya Download Link Dibawah Ini
-
Download Daftar Isi
-
Download BAB I
-
Download BAB II
-
Download BAB III
-
Download BAB IV
-
Download BAB V
-
Download Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar