Pariwisata merupakan suatu industri yang berpotensi untuk menjadi
instrumen peningkatan perolehan devisa. Sektor ini berkembang karena
telah menjadi suatu kebutuhan untuk melakukan perjalanan wisata seiring
dengan berkembangnya sosialkultur yang mengalami perubahan. Salah satu
industri pariwisata yang selalu mengalami peningkatan pertumbuhannya
tersebut adalah industri jasa dalam bidang restoran. Sebagaimana latar
belakang di atas, maka diadakan penelitian mengenai salah satu restoran
yang ada di Bandung dimana dalam penelitinan ini penulis mengambil judul
pengaruh service convenience terhadap loyalitas pelanggan.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana service convenience dan
loyalitas pelanggan di Garden Restoran Savoy Homann Bidakara Hotel
Bandung, serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh service
convenience terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini bersifat
deskriptif dan verifikatif, sedangkan metodenya adalah survey deskriptif
dan survey eksplanatory. Sampel yang di ambil dalam penelitian ini
sebanyak 100 orang dari populasi 1458 pelanggan. Teknik sampling yang
dilakukan adalah systematic random sampling. Pengolahan data dilakukan
dengan menggunakan pengujian statistik parametrik yaitu menggunakan
rumus path analysis melalui bantuan program SPSS 18.0 for Windows.
Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dimensi service convenience yang
mendapatkan penilaian tertinggi yaitu pada dimensi access convenience
sebesar 35.93%. Sedangkan sub variabel loyalitas pelanggan yang
mendapatkan penilaian tertinggi yaitu pada kunjungan ulang secara
terratur sebesar 26.24%. Service convenience yang terdiri dari decision
convenience, access convenience, transaction convenienience, benefit
convenience, dan postbenefit convenience mempunyai pengaruh yang
signifikan sebesar 80.1% terhadap loyalitas pelanggan Garden Restoran
Savoy Homann Bidakara Hotel Bandung, namun salah satu dimensi service
convenience yaitu transaction convenience tidak memiliki pengaruh maka
dilakukan uji ulang dimana pengaruhnya adalah sebesar 79,5% artinya
semakin baik service convenience yang dimiliki maka semakin tinggi
loyalitas pelanggan yang terbentuk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar