Model Inquiry |
Penelitian ini dilatarbelakangi suatu permasalahan yang berkenaan dengan
rendahnya keaktifan belajar siswa di kelas. Hal ini tampak dari
perilaku siswa yang cenderung hanya mendengar dan mencatat pelajaran
yang diberikan guru, siswa enggan bertanya dan mengemukakan pendapat
pada saat pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilakukan di SMP Miftahul Iman Bandung, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VIII-B.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian dilakukan di SMP Miftahul Iman Bandung, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VIII-B.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Pelaksanaan penerapan
model pembelajaran Inkuiri dalam pembelajaran PAI telah mampu
meningkatkan keaktifan belajar siswa. (2) Bentuk-bentuk keaktifan
belajar siswa dapat diklasifikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan
seperti mendengarkan penjelasan guru, mengemukakan pendapat, mengajukan
pertanyaan, menjawab pertanyaan, dan aktif berdiskusi dengan teman. Hal
tersebut dilakukan siswa atas kehendak siswa sendiri tanpa adanya
tekanan dari guru atau pihak lainnya. (3) Hambatan dalam penerapan
model pembelajaran inkuiri adalah a) pelaksanaan model inkuiri yang
kurang optimal, b) sikap individualitas siswa dan kurangnya kerjasama
dalam kelompok, c) masih terdapat siswa yang kurang aktif dalam kelompok
maupun didalam diskusi kelas, d) guru kurang optimal dalam hal
pengelolaan kelas dan belum mampu mengalokasikan waktu dengan baik, e)
kurang mendukungnya sumber belajar yang tersedia di sekolah. (4) Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah a) guru berusaha lebih
memahami dengan benar tentang makna dan langkah-langkah model
pembelajaran inkuiri, b) Guru lebih memotivasi siswa untuk aktif dalam
pembelajaran c) Guru berusaha untuk lebih baik lagi menjalankan perannya
sebagai fasilitator d) guru telah menyediakan waktu diluar jam
pelajaran untuk mempersiapkan fasilitas dan media pembelajaran yang
dibutuhkan, e) Memperbanyak sumber dan mencari sumber belajar baik dari
perpustakaan, media cetak, ataupun dari internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar