ABSTRAK
Penelitian ini
difokuskan pada siswa program akselerasi di tingkat Sekolah Lanjutan
Tingkat Pertama (SLTP) yang memiliki kemampuan akademik di atas
rata-rata, dan bertujuan untuk melihat adanya korelasi antara skor
self-report penerimaan peer group dengan prestasi akademik pada siswa
akselerasi.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian kuantitatif dengan
desain field study, tanpa memanipulasi variabel.
Skor self-report penerimaan peer group didapat dengan pemberian
kuesioner PEERACC dengan skala tipe Likert, sementara untuk prestasi
akademik digunakan nilai raport semester terakhir dari setiap subyek.
Sampel penelitian diambil dari SLTPN 11 Kebayoran Baru, SLTPN 49 Kramat Jati, dan SLTPN 252 Kalimalang dengan karakteristik usia antara 12-15 tahun sejumlah 70 orang. Dari penelitian ini diperoleh r = -0,066 dan p = 0,590; p > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara penerimaan peer group dengan prestasi akademik pada siswa program akselerasi tingkat SLTP. Hasil penelitian ini berbeda dengan teori-teori dan penelitian-penelitian sebelumnya pada remaja umumnya. Hal ini menunjukkan kekhasan siswa program akselerasi dengan kemampuan akademik yang di atas rata-rata dan pola afiliasi yang cukup berbeda dengan kecenderungan remaja pada umumnya.
Sampel penelitian diambil dari SLTPN 11 Kebayoran Baru, SLTPN 49 Kramat Jati, dan SLTPN 252 Kalimalang dengan karakteristik usia antara 12-15 tahun sejumlah 70 orang. Dari penelitian ini diperoleh r = -0,066 dan p = 0,590; p > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara penerimaan peer group dengan prestasi akademik pada siswa program akselerasi tingkat SLTP. Hasil penelitian ini berbeda dengan teori-teori dan penelitian-penelitian sebelumnya pada remaja umumnya. Hal ini menunjukkan kekhasan siswa program akselerasi dengan kemampuan akademik yang di atas rata-rata dan pola afiliasi yang cukup berbeda dengan kecenderungan remaja pada umumnya.
selengkapnya silahkan klik link dibawah ini :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar